Praktik Penyembelihan Hewan Qurban

 

JAKARTA, 12 AGUSTUS 2019

Gema takbir masih mengalun dengan penuh semangat di MTsN 7 Model Jakarta. Senin, 12 Agustus 2019, segenap keluarga besar MTsN 7 Model Jakarta melaksanakan latihan praktik penyembelihan kurban dan ibadah berkurban oleh beberapa guru serta siswa. “Perayaan Idul Adha ini menjadi momen edukasi yang penting bagi para siswa dan siswi untuk mengetahui lebih mendalam terkait ibadah berkurban yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana bentuk peneladanan kepada Nabi Ibrahim AS,” ujar Ustadz Robi Fadil M, S.Ag. dalam pembukaan kegiatan penyembelihan kurban dan pelatihan berkurban di hadapan para siswa-siswi. “Alhamdulillah, tahun ini sekolah kita akan menyembelih sebanyak 2 ekor sapi dan 5 ekor kambing,” tambah Pak Aries Sartono, S.Pd. selaku Wakamad Bidang Kesiswaan.

Satu dari dua ekor sapi tersebut merupakan sapi Kurban dari 7 orang guru/keluarga guru MTs N 7 Model Jakarta. Selain itu, empat ekor kambing yang disembelih merupakan kurban dari empat orang siswa MTs N 7. Sehingga, pada tahun ini, dengan dana sedekah yang terkumpul dari siswa-siswi MTs N 7 Model Jakarta berhasil terbeli 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing untuk disembelih dan disalurkan sebagai sedekah kepada yang berhak.

Pada praktiknya, hewan-hewan kurban tersebut diproses oleh tim guru MTsN 7 Model Jakarta mulai dari penyembelihan, penyayatan, pencacahan, hingga penyaluran daging kurban. Sebanyak 250 nama penerima kurban terdata pada panitia penyaluran daging kurban MTsN 7 Model. Nama-nama tersebut terdiri dari warga-warga sekitar sekolah, siswa-siswi MTsN 7 Model Jakarta yang berhak menerima, serta keluarga besar MTsN 7 Model Jakarta. “Untuk penyaluran daging kurban kepada warga sekitar, pihak sekolah seperti biasanya bekerja sama dengan ketua RT terkait.” ujar Ibu Melda Yohana Anwar, selaku Wakamad Bidang Humas MTs N 7 Jakarta.

Selain melaksanakan latihan berkurban ini, siswa-siswi MTs N 7 Jakarta juga ditugaskan untuk membuat laporan tertulis yang berisi kegiatan selama berkurban. Hal ini diharapkan dapat lebih mengedukasi siswa-siswi MTs N 7 Model Jakarta untuk lebih memahami hikmah dalam berkurban.

(NL/MLD)