Pelaksanaan PTMT Tahap 6 di MTsN 7 Jakarta

Jakarta (Humas) – Pekan pertama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) MTs Negeri 7 Jakarta berlangsung dengan lancar dan kondusif. Pelaksanaan PTMT ini sesuai dengan SK PTMT Tahap 6, Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Nomor 901 Tahun 2021.

Pelaksanaan PTMT di MTsN 7 Jakarta dimulai pada tanggal 15 November 2021 dengan agenda pembelajaran yakni pada hari Senin dijadwalkan untuk kelas VII, Rabu untuk kelas VIII, dan Jumat untuk kelas IX.
Protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat dan penuh tanggung jawab. Persiapan yang dilakukan pun sudah sangat matang sesuai dengan SOP, di antaranya yakni pembentukan Satgas Covid-19 di lingkungan madrasah, penyediaan alat sensor pengecekan suhu, wastafel di tiap muka kelas beserta ketersediaan sabun cuci tangan dan handsanitizer, ruang UKS yang representatif, stok masker, dan tentunya alat penunjang pembelajaran di kelas.
Pelaksanaan PTMT ini juga diperuntukkan dengan jumlah 50% peserta didik pada tiap jenjang. Begitu pula dengan guru, yakni hanya diperbolehkan hadir untuk guru mata pelajaran pada jadwal yang telah ditentukan, wali kelas, serta satgas Covid-19.

Proses pembelajaran yang berlangsung pada PTMT ini disesuaikan dengan sistem blended learning. Setiap ruang kelas difasilitasi dengan infokus proyektor, web cam, wifi, serta perangkat komputer/ laptop. Hal ini untuk mendukung keselarasan pembelajaran baik secara offline maupun online yang dilaksanakan secara bersamaan.
Abdul Manap, M.Pd. selaku pengawas madrasah juga melakukan monitoring pada hari pertama pelaksanaan PTMT di MTsN 7 Jakarta. “Protokol kesehatan tetap menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Selain itu, madrasah melalui guru harus dapat memberikan pembelajaran yang bermakna untuk semua peserta didik yang sedang melaksanakan pembelajaran offline maupun online,” ujar Abdul Manap.

Peserta didik yang hadir pun tidak diperkenankan untuk berkerumun. Kedatangan dan kepulangan peserta didik diatur sedemikian rupa untuk mencegah terjadinya penumpukan.

 

Dokumentasi:

Pengecekan Suhu dengan Menggunakan Alat Sensor

Monitoring oleh Pengawas MTsN 7 Jakarta, Abdul Manap, M.Pd.

Pelaksanaan PTMT dengan Blended Learning

Pembiasaan Kegiatan Tadarus

(NM)