KEUTAMAAN BERKURBAN YANG TAK BOLEH HILANG

Oleh: Naila Mufidah, S. Pd.

Pandemi COVID-19 di Indonesia sudah memasuki tahun kedua, dan hingga kini belum ada tanda kapan pandemi ini akan berakhir. Meskipun berbagai upaya telah banyak dilakukan untuk menekan penyebaran virus ini, mirisnya, dalam kurun waktu satu bulan terakhir, jumlah kasus penderita COVID-19 mengalami lonjakan paling tinggi.

Di tengah lonjakan kasus COVID-19, perayaan Idul Adha tahun ini tentunya akan mengalami beberapa perbedaan yang signifikan. Tentu saja hal tersebut juga membuat madrasah-madrasah di DKI Jakarta akan absen selama 2 tahun dari Praktik Kegiatan Berkurban.

Kegiatan ini sebagaimana biasanya, bertujuan untuk memberikan edukasi dan pengalaman bagi peserta didik untuk terlibat langsung pada prosesi ibadah berkurban. Dimana peserta didik dilatih untuk gemar bersedekah, belajar memahami tatacara berkurban, serta mengambil hikmah dari ibadah berkurban.

Tidak adanya kesempatan mempelajari kegiatan praktik bekurban ini, semoga peserta didik tidak kehilangan semangat mereka dalam mempersiapkan diri menghadapi Idul Adha dan tetap memahami keutamaan dari ibadah berkurban. Apalagi di tengah kondisi sosial-ekonomi masyarakat yang terdampak COVID-19, maka bersedekah untuk mempersiapkan Idul Adha tahun ini menjadi hal yang begitu penting untuk disadari dan dilakukan guna mencapai apa yang disebut dengan keshalihan sosial. Saat ini juga menjadi momentum yang begitu baik untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, fastabiqul khoirot.